2.07.2012

Tipe-Tipe Dari Kepribadian Mnusia

 Kepribadian seseorang tersusun atas dasar vitalitas jasmani dan rohaninnya disamping ada faktor tempramen, karakter dan bakat. Vitalitas jasmani bergantung pada konstruksi tubuh, sedangkan vitalitas psikis merupakan energi hidup yang belum terarah secara internasional, sebagian bergantung pada alam lingkungan yang membentuknya.
                   


    Ada beberapa teori mengenai macam - macam kepribadian. 
Teori yang paling populer dan terus dikembangkan adalah teori Hipocrates - Galenus yang merupakan pengembang dari teori Empedokretus. Berdasarkan pemikirannya, ia mengatakan bahwa tipe tempramen dasar itu adalah akibat dari 4 macam cairan tubuh yang sangat penting didalam tubuh manusia. 
1.Sifat kering terdapat dalam chole ( empedu kuning ) 
2.Sifat basah terdapat dalam melanchole ( empedu hitam ) 
3.Sifat dingin terdapat dalam phlegma ( lendir ) 
4.Sifat panas terdapat dalam sanguis ( darah )                

                Kemudian teori hipocrates disempurnakan kembali oleh Galenus yang mengatakan bahwa keempat cairan tersebut ada dalam tubuh dalam proporsi tertentu, dimana jika salah satu cairan lebih dominan dari cairan yang lain, maka cairan tersebut dapat membentuk kepribadian seseorang.


·                                 Tipe Kepribadian choleris
                Cairan yang paling dominan didalam tubuh yaitu cairan chole. Dimana orang yang choleris adalah orang yang memiliki kepribadian yang khas seperti hidup penuh semangat, keras, hatinya mudah terbakar, daya juang besar, optimistis, garang, mudah marah, pengatur, penguasa, pendendam dan serius. 

·                                 Tipe Kepribadian Melankolis
                Cairan yang paling dominan didalam tubuh yaitu cairan melanchole. Dimana orang yang memiliki tipe kepribadian melankolis adalah orang yang memiliki tipe kepribadian yang khas seperti mudah kecewa, daya juang kecil, muram, penakut dan kaku.

·                                 Tipe Kepribadian Phlegmatis
                   Cairan yang paling dominan didalam tubuh adalah cairan phlegma. Dimana orang yang memiliki tipe kepribadian phlegmatis adalah orang yang memiliki tipe kepribadian yang khas seperti tidak suka terburu - buru, tenang, tidak mudah dipengaruhi, setia, dingin, santai dan sabar. 

·                                 Tipe Kepribadian Sanguinis
                     Cairan yang paling dominan didalam tubuh adalah cairan sanguis. Dimana orang yang memiliki tipe kepribadian sanguinis adalah orang yang memiliki tipe kepribadian yang khas seperti hidup mudah berganti haluan, ramah, mudah bergaul, lincah, periang, mudah senyum, dan tidak mudah putus asah. 


       Lain halnya dengan Eduard Spanger yang membagi manusia atsa dasar nilai - nilai hidup. Ia membedakan atsa enam buah tipe. Yaitu Manusia Ekonomi adalah orang yang suka bekerja. Manusia Politik adalah orang yang mengatur dan menguasai orang lain.  Manusia Sosial  adalah orang tanggap terhadap apa yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Manusia Pengetahuan adalah orang yang memiliki sifat suka belajar. Manusia Seni  adalah orang yang suka menikmati dan menciptakan sesuatu yang indah. Sedangkan Manusia Agama  adalah orang yang memberi banyak waktu untuk pengabdian kepada Tuhan.

0 التعليقات: